Hakum Labur amp Berniaga Forex (Trading Forex) Zaharuddin Abd Rahman Saya ingin minta pihak ustaz untuk menerangkan tentang pelaburan tukaran matawang comme juga perniagaan Forex. Bagaimana pula jika saya mélakukan transaksi sendiri dengan berbekalkan analisa envoyez-vous à yang disediakan oleh courtier dengan melayari internet. Kemudian memperolehi untung dari jualan dan belien matawang asing ini. Terima kasih Bagi menjawab soalan ini, et un perlu memahami dua jenis perkara iaitu: - 1 - Melabur wang ringgit et un ke dalam satu syarikat yang memperolehi untung melalui FOREX. 2- La plate-forme de satin de Melantik a été construite pour le menjalankan jual beli wang asing dan simpan. Semua transaksi dijalankan oleh anda sendiri, syarikat hanya menyediakan plate-forme que mengambil upah perkhidmatan sahaja. Pertama. Hukum bagi melabur dalam syarikat yang menjalankan FOREX: Forex (Devises étrangères) atau yang lebih dikenal dengan Perdagangan Mata wang Asing Ia merupakan suatu jenis perdagangantransaksi yang memperdagangkan matawang suatu negara terhadap matawang negara lainnya yang melibatkan passer-passer matawang utama di dunia selama 24 jam secara Berterusan. Benar, memang FOREX matawang adala diharuskan, tetapi keharusannya tertakluk kepada sejauh mana ia menurut garis panduan yang dikeluarkan dari hadith Nabi yang sohih. Iaitu: - un - Ditukar (serah dan terima) dalam waktu yang sama ia disebut dalam hadis sebagai yadan bi yadin. Dalam bahasa Inggerisnya adalah sur place. Ia datang banyak hadis antara etang paling utama adalah:. . . . . . . . . Ertinya. Emas dengan Emas (ditukar atau diniagakan). Perak dengan perak, gandum dengan gandum, tamar dengan tamar, garam dengan garam mestilah sama timbangan dan sukatanya, dan ditukar secara terus (pata satu masa) dan sekiranya berlainan jenis, maka berjual-belilah kamu sebagaimana yang disukai Hadith, 119). B - Nabi bersabda: - Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia dilakukan secara serentak (musulman de Riwayat, no 1586, 31209) c - Manakala pembélien secara hutang dari salah satu antara dua pihak adala haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah s. a.w melarang dari menjual emas dan perak secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, no 2070, 2762) Hadis-hadis di atas menyebut perhal displin Islam dalam pertukaran emas dan perak. Untak informasi, ulama bersepakat bahawa matawang (billet de banque) juga adalah sama displinnya dengan emas dan perak disebabkankan nilai dan fungsinya sebagai moyen d'échange. Justeru setiap displin dan syarat transaksi yang melibatkan emas dan perak juga TERPAKAI pada urusan transaksi matwang. Demikian keputusan Majlis Fiqh Antrabangsa dan juga Majlis Kewangan Islam Antarabangsa di bawah AAOIFI. FOREX dalam matawang yang diuruskan oleh Syarikat konvensional sudah pasti tidak akan menjaga ini kerana kebanyakan Conditions Coûts FOREX yang dijalankan oleh institusi Konvensional adalah lsquoForward FOREX atau Forex yang menggunakan lsquoValue avant (nilai masa hadapan) yang de dalam Riba Nasiah. Mereka juga kerap menggunakan SWAP, Options de l'instrument lain-lain yang tidak halal di sisi Charia. Instrumen-instrumen tadi tidak memenuhi syarat Islam iaitu serah terima atau disebut qabadh dalam islam secara benar hakiki atau hukmi pada waktu yang sama. Masalah dalam implementasi FOREX adalah bertangguh dalam penyeraan dari kedua-dua pihak. Tatkala itu aqad menjadi batal (Radd al-Muhtar ala ad-durr, 4531). Tidak saya nafikan, bahawa terdapat sesetengah Institusi Kewangan Islam yang melakukan forex ini setelah mendapatkan kelulusan Majlis Penasihat Shariah mereka, Namun semua mereka hanya terlibat dalam FOREX Jenis SPOT dan bukannya Jenis lsquoForward jika adapun Jenis avant ia menggunakan konsep Al-WAD atau Unilatérale Promise dan ia Telah disepakati keharusannya. Apa yang pasti, majlis shariah mereka telah meletakkan réserves syarat dan bukannya secara bebas begitu sahaja. Justeru MELABUR MODAL (BEERTI ANDA MELABOURD DAN KEMUDIAN TUNGGU UNTUNG SAHAJA) dan dalam institusi kewangan konvensional yang memperolehi inconnu melalui cara FOREX adalah tidak halal di sisi islam. Ia adalah keputusan Panneau Penasihat Shariah dunia yang bernaung di bawah nama Comptabilité et audit Organisation pour les institutions islamiques (AAOIFI). Antara panel penasihat Shariahnya adalah Syeikh Mufti Taqi Uthmani, Prof. Dr. Syeikh Wahabeh Zuhayli, Prof. Dr. Syeikh Siddiq Dharir, Syeikh Abdullah al-Mani, le Dr Abd Sattar Abu Ghuddah, Syeikh Dr. Nazih Hammad, Syeikh Dr Hussain Hamid Hassan, Syeikh Nizam Yaquby, Dr. Mohd Daud Bakar, Syeikh Al-Ayashi al-Sadiq Faddad, Syeikh, Dr. Ajil Nashmi dan ramai lagi. KEDUA. Hukum FOREX TRADING yang dijalankan sendiri - Bagi mengetahui hukum bagi bentuk kedua ini, Pertama-tamanya ia tertakluk kepada: - a - Terdapat unsur judi atau tidak apabila membeli dan menjual matawnag hanya kerana mengharap keuntungan dari perbezaaan nilainya. Bukan kerana digunapakai de negara matawang terbabit. Maka setah kajian perinci oleh JAKIM dan ISRA, mendapati unsur judi adalah wujud maka semua jenis forex trading adalah HARAM. B - Kesohihan dan kewibawaan plate-forme syarikat dari sudut lesennya dan pengenalannya. Ia diperlukan bagi mengelak et un ditipu oleh plate-forme syarikat yang tidak sebenar. Butiran terperinci berkenaan plate-forme dans le méstilah diteliti dan boleh diperolehi. Jika tidak, transaksi et un adalah syubhat dari awal lagi kéran terdapat unsur gharar. B - Plate-forme de Jika tersebut punyai wibawa dan lessen serta info yang sangat mencukupi, perkara kedua adalah menilai akta-akata berkaiatan dengan aktiviti ini dari badan berwajib di Malaysia. Ini perlu bagi memastikan et un tidak terlibat dengan aktiviti menyalahi undang-undang Negara. Jika yang kedua juga lulus, saya kira transaksi, jual matawang, dan, simpan, dan kemudian, jual, semula, apabila, harga, tukarannya, naik, adalah, harus, kerana, secara, automatiknya, dilaksanakan, menurut, kaedah, lsquospot. Namun mari kita sama-sama cubain mehami dan menyemak bagaimana proses ini dilakukan secara anneau de melihat pandangan Islam tentangnya. Setakat apa yang diterangkan oleh individu yang terlibat dan yang tahu berkenaan cara forex trading internet memlali ini. Ia seperti berikut: - 1) Ia mempunyai modal minimum. Sebagai contoh USD 1, USD 100 par le biais de lain-lain, en passant par le forex trading masing-masing. 2) Dengan modale itu, pihak syarikat plateforme forex trading ini akan membukakan satu akaun khas buat peserta. Setelah itu, pihak peserta, akan, menentukan, samada, untuk, membuka, kaunter, jualan, matawangnya, dalam, akaun, atau, membuka, kaunter, belian. Gambaran mudahnya adalah: - Katalah modalnya USD 100 yang dibeli dengan sukaran semasa hari tersebut USD 1 RM 3,6, dan dibuka kaunter lsquoselling melalui plate-forme syarikat tersebut. Sebagai contoh, pada esok harinya apabila dilakukan analisa terhadap pegerakan nilai matawang, didapati nilai USD mengukuh berbanding Ringgit iaitu USD 1 RM 4 Tatkala uit, ia akan bouton menekan jual 100 USD dan memperolehi RM 400. Ini bermakna ia Telah beroleh keuntungan sebanyak RM 40 berbanding Harga belian asalnya tadi. MESTILAH Seluruh memasukkan RM de Pihak Syarikat FOREX 400 uit sebaik sahaja transaksi jual beli dilakukan, TIDAK DIBENARKAN DILEWATKAN Atau DIMASUKKAN SEBAHAGIAN Sahaja, jika dalam contoh di atas, hanya RM 40 dimasukkan, manakala baki modal sebanyak RM 360 hanya akan dimasukkan sejurus peserta menutup akaun pada Hari tersebut. Isû Shariah. Jika ini tidak berlaku, la maka ia lulus dari sudut La charia, namun jika kelewatan berlaku, isa Shariah di sini adalah berlaku penangguhan dalam penyerahan matawang ringgit. Ini menjadikan ia bercangah dengan arahan Nabi s. a.w: - Dalam menukar wang dengan wang, Nabi thaï menyebut garis panduan et yang mesti dipatuhi iaitu: Ertinya. Sesungguhnya Rasulullah s. a.w berkata. Pertukaran antara perak dan emas adalah riba kecuali jika ia serentak de Secara dilakukan (serah terima dalam satu masa) (Riwayat Mouslim, n ° 1586, 31209) Manakala pembelian Secara Hutang dari salah satu antara dua pihak adalah haram berdasarkan hadis: - Ertinya. Rasulullah a vu melarang dari menjual emas dan perak Secara berhutang (Riwayat Al-Bukhari, pas 2070, 2762) Imam An-Nawawi Telah menyebut dengan Terang bahawa para ulama Telah bersepakat wajibnya Conditions Coûts serah terima dalam satu masa atau lsquoTaqabud Samada Secara Hakiki (fizikal) atau Hukmi (melalui mediuam internet tetapi punyai bukti seperti resit atau note elektronik yang menunjukkan transaski sah) (Syarah Sohih musulman) Cadangan. Mesti dipastikan bahawa semasa transkasi jual beli dilakukan, kesemua modal dicampur Untung dimasukkan di dalam akaun kita tanpa sebarang tangguh, dan Secara automatik juga kita boleh mengeluarkan wang tersebut tanpa sebarang halangan. 3) Terdapat syarikat yang mensyaratkan minimum modal yang tinggi seperti USD 1000 dan lain-lain jumlah. Untuk itu mereka menawarkan apa yang dinamakan levier yangmana modal peserta akan digandakan. Sebagai contoh, katalah modal sebenar et un adalah USD 100. Maka anda dikehendaki memilih atau secara pilihan memlih gandaan yang dikehendaki. Seperti 1. 10 bière modal modal et un akan digandakan kepada 10 kali menjadi USD 1 000 100 1, 100, bière modal et un menjadi USD 10000. Dengan jumlah baru inilah matawang et un akan di pasarkan di pasaran. L'utilisation de divers instruments financiers ou du capital emprunté, comme la marge, pour accroître le rendement potentiel d'un investissement. Le levier peut être créé par des options, des contrats à terme, des marges et d'autres instruments financiers. Par exemple, disons que vous avez 1000 à investir. Ce montant pourrait être investi dans 10 actions de Microsoft, mais pour augmenter le levier, vous pourriez investir les 1 000 dans cinq contrats d'options. Vous contrôlez alors 500 actions au lieu de juste 10. (Rujukan) Jika benarlah apa yang saya gambarkan ini, transaksi forex menggunakan Leverage ini adalah HARAM kerana i dikira menjual matawang yang tidak di dalam milik anda. Milik sebenar et un hanyalah USD 100 tetapi yang dijual adalah 10,000. Ia berdasarkan apa yang disebut oleh Nabi s. a.w. Ertinya. Janganlah kamu menjual sesuatu yang tidak di dalam milikmu (Riwayat Abu Daud, pas 3504, 3283) Malah saya juga hampir pasti, wang yang digandakan oleh Syarikat itu dikira sebagai pemberian pinjaman dan sudah tentu mereka akan mengambil sedikit keuntungan Samada diketahui atau tidak diketahui oleh peserta . Jika ini berlaku, le sekali lagi riba telah berlaku. Bagi mengelakkan perkara yang ditegah oleh Islam dari berlaku di sini, penggunaan levier 1: 1 sahaja yang dibenarkan. Wallahualam. 4) Diberitakan juga pihak syarikat menasihatkan peserta agar menggunakan modalnya kurang dari 30 bagi menguangkan risiko semasa trading dijalankan. Dan jika terdapat masala kemungkinan rugi atau apa yang dinamakan appel de marge, pihak peserta dibenarkan untuk membuka kaunter satu lagi samada jual atau beli bagi menyeimbangkan kemungkinan rugi. Pandangan. Wallahualam, jika semunya dilaksanakan dengan jelas dan perancangan yang betul. Setakat ini saya tidak nampak adanya masala Shariah dalam tindakan ini KECUALI IA MEMPUNYAI ELEMN PERJUDIEN YANG JELAS kerana membeli nilai matawang untuk dijual apabila nilainya naik sedangkan ia BUKAN KOMODITI. Wallahualam. Walaupun berniaga sendiri forex dan memenuhi syarat ini ADALAH HARAM kerana sebab utamanya adalah JUDI, tambahan pula bukanlah sesuatu yang disukai oleh polisi ekonomi dalam islam, pertamanya kerana menurut pandangan ekonomi dalam islam, matawang adalah moyen d'échange sahaja dan ia bukanlah komoditi yang wajar Diniagakan bagi memperolehi untung dari perbezaan nilainya. Kita tahu nilai matwang kini tidak lagi bersandarkan emas atau perak, wang kertas hari ini (argent fiduciaire) tidak mempunyai nilai tersendiri (seperti logam emas dan perak) kecuali nilainya datang dari pasaran global yang ditentukan oleh la demande et l'offre di pasaran dunia. Justeru, menjadikan cara ini bagi membre anak dan isteri makan bukanlah satu bentuk kerjaya yang terpuji di dalam Islam. Malah ia sebenarnya membantu sistem kapitalis dan menguatkan systém ekonomi yang mereka anjurkan. Justeru, fikirkanlah. Jika et un tidak ingin menerima padnagan saya, tidak mengapa tetapi bacalah pendapat ulama besar kewangan islam souverain istanbul Syeikh Mufti Taqi Uthmani dalam hal ini: Forex Trading De Monnaie Par Mufti Muhammad Taqi Usmani Q: Est Forex J'ai joint un document détaillant les aspects de l'entreprise. A.) J'ai parcouru les papiers que vous avez envoyés. Je suis d'avis que ces transactions ne sont pas conformes à la charia. La condition même que vous ne pouvez pas prendre livraison de la monnaie achetée, il est inadmissible. En outre, il existe d'autres éléments selon ma connaissance qui rend ce commerce illégal en charia, comme les ventes à terme, les ventes à découvert, etc. Cela s'ajoute au fait que les monnaies sont à l'origine un moyen d'échange et ne devraient être échangées contre Usage personnel dans différents pays. En faire une marchandise échangeable uniquement pour gagner un profit, c'est aussi contre la philosophie de base de l'économie islamique. Je ne vous conseille donc pas de vous livrer à ce commerce. Sila Buka Sumber. Forex Trading Adakah et un méninge de siapa Syeikh Mufti Taqi Uthmani, sila buka di sini untuk mengenalinya. Zaharuddin Abd Rahman 28 Zulhijjah 1428 ps. Semua pemain forex, nota que jawpaan saya inin adalah jawapan yang dipermudah agar i boleh difahami orang awam. Jika a la tête du karaté, la tête de l'enfant, la tête de l'enfant, la tête de l'enfant, la tête de l'enfant, la tête de l'enfant, la tête de l'enfant et la tête de la mère. Syaa tiada masa untuk membuat pembacaan et dan kajian Sendiri di ketika ini. Sekian Ajouter cette page à vos favoris Bookmarks sociaux More. Fatwa MUI Tentang Jual Beli Mata Uang (AL-SHARF) Peruanyaan yang pasti ditanyakan setiap trader di Indonesia. 1. Apakah Trading Forex Haram 2. Apakah trading Forex Halal 3. Apakah Trading Forex diperbolehkan dalam Agama Islam 4. Apakah SWAP itu Mari kita bahas dengan artikel yang pertama. Forex Dalam Hukum Islam Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdagangan Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu UANG yang masing-masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama lainnya sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga timbul PERBANDINGAN NILAI MATA UANG antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar négar terkumpul dalam suatu BURSA atau PASAR yang bersifat internasional dan terikat dalam suatu kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Nilai mata uang suatu négar dengan negara lainnya ini berubah (berluktuasi) setiap saat sesuai volume permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan dan penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul. --- gt Ada perjanjian untuk membre de menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pe mbeli dan penjual mempunyai wewenang penuh melakaanan dan melakukan tindakantindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat) 2. Memenuhi syarat menjadi objek transaksi jual-beli yaitu: Suci barangnya (bukan najis) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterima kan Jéla barang dan harganya Dijual (dibeli) Pemiliknya envoyeriri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditanganya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham itou diperbolehkan dalam agama. Jangan kamu membeli ikan dalam l'air, karena sesungguhnya jual beli yang demikien itu mengandung penipuan. (Hadis Ahmad bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Masud) Jual beli barang yang tidak de tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifatsifatnya atau ciri-cirinya. Kemudien jika barang sesuai dengan keterangan pénjual, maka sahlah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunya hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau membatalkan jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni dari Abou Hurairah: Barang siapa yang membeli sesuatu yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia et telah melihatnya. Jual beli hasil tanam yang masih terpendam, seperti ketela, kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena akan mengalami kesulitan atau kerugian jika harus mengeluarkan semu hasil tanaman yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum L'islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, GPL, dan sebagainya, asalkam diberi étiquette yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal. 135. Mengenai teks kaidah hukum L'islam tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al-Ashbah al-Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. JUAL BELI VALUTA ASING DAN SAHAM Yang dimaksud dengan valutant adalah mata uang luar negeri seperi dolar Amerika, sterling inggris, ringgit Malaisie dan sebagainya. Apabila antara negara terjadi perdagangan internasional maka tiap négara membutuhkan valuta asing untuk alat bayar luar negeri yang dalam dunia perdagangan disebut devisa. Misalnya eksportir Indonésie akan memperoleh devisa dari hasil ekspornya, sebaliknya importir Indonésie memerlukan devisa untuk mengimpor dari luar negeri. Dengan demikian akan timbill punk dan perminataan di bursa valuta asing. Setiap negara berwenang penuh menetapkan kurs uangnya masing-masing (les kurs adalah perbandingan nilai uangnya terhadap mata uang asing) misalnya 1 dolar Amerika Rp. 12.000. Namun kurs uang atau perbandingan nilai tukar setiap saat bisa berubah-ubah, tergantung pada kekuatan ekonomi negara masing-masing. Pencatatan kurs uang dan transaksi jual beli valuta asing diselenggarakan de Bursa Valuta Asing (AWJ Tupanno, et al., Ekonomi dan Koperasi, Jakarta, Depdikbud 1982, hal 76-77) FATWA MUI TENTANG PERDAGANGAN VALAS Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonésie No: 28DSN-MUIIII2002 tentang Jual Beli Mata Uang (Al-Sharf) a. Bahwa dalam sejumlah kegiatan untuk memenuhi berbagai keperluan, seringkali diperlukan transaksi jual-beli mata uang (al-sharf), baik antar mata uang sejenis maupun antar mata uang berlainan jenis. B. Bahwa dalam urf tijari (tradisi perdagangan) transaksi jual beli mata uang dikenal beberapa bentuk transaksi yang statut hukumnya dalam pandangan ajaran Islam berbéda antara satu bentuk dengan bentuk lain. C. Bahwa agar kegiatan transaksi tersebut, dilakukan, sesuai, dengan, ajaran, islam, DSN, memandang, perlu, menetapkan, fatwa, tentang, al-Sharf, unguk, dijadikan, pedoman. 1. Firman Allah, QS. Al-Baqarah2: 275:. Dan Allah tahj menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. 2. Hadis nabi riwayat al-Baihaqi dan ibnu Majah dari Abou Saïd al-Khudri: Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya jual beli itu hanya boleh dilakukan atas dasar kerelaan (antara kedua belah pihak) (albaïhaqi dan Ibnu Majah, dan dinilai shahih oleh Ibnu Hibban). 3. Hadis Nabi Riwayat Musulman, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibn Majah, dengan teks Musulman dari Ubadah bin Shamit, Nabi a vu bersabda: (Juallah) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, syair dengan syair, kurma Dengan kurma, dan garam dengan garam (denga syarat harus) sama dan sejenis serta secara tunai. 4. Hadis Nabi riwayat Musulman, Tirmidzi, Nasai, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Omar bin Khattab, Nabi a vu bersabda: (Jual-beli) emas dengan perak adalah Riba kecuali (dilakukan) secara tunai. 5. Hadis Nabi riwayat musulman dari Abu Saïd al-Khudri, Nabi a vu bersabda: Janganlah kamu menjual emas dengan emas kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagien atas sebagian yang lain janganlah menjual perak déngan perak kecuali sama (nilainya) dan janganlah menambahkan sebagaian Atas sebagian yang lain dan janganlah menjual emas dan perak tersebut yang tidak tunai dengan yang tunai. 6. Hadis Nabi riwayat musulman dari Bara bin Azib dan Zaid bin Arqam. Rasulullah a vu melarang menjual perak dengan emas secara piutang (tidak tunai). 7. Hadis Nabi riwayat Tirmidzi d'Amr bin Auf: Perjanjian dapat dilakukan de antara kaum muslimin, kecuali perjanjian yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram dan kaum muslim terikat dengan syarat-syarat mereka kecuali syarat yang mengharamkan yang halal atau menghalalkan yang haram. 8. Ijma. Ulama sepakat (ijma) bahwa akad al-sharf disyariatkan dengan syarat-syarat tertentu 1. Surat dari pimpinah Unité Usaha Syariah Bank BNI no. UUS2878 2. Pendapat peserta Rapat Pléno Dewan Syariah Nasional pada Hari Kamis, tanggal 14 Muharram 1423H 28 mars 2002. Dewan Syariah Nasional Menetapkan. FATWA TENTANG JUAL BELI MATA UANG (AL-SHARF). Pertama. Ketentuan Umum Transaksi jual beli mata uang prada prinsipnya boleh dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Tidak untuk spekulasi (untungan-untungan). 2. Ada kebutuhan transaksi aktuu untuk berjaga-jaga (simpanan). 3. Apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya, harus sama, dan secara tunai (at-taqabudh). 4. Apabila berlainan jenis maka, harus, dilakukan, dengan, nilai, tukar (kurs), yang, berlaku, pada, saat, transaksi, secara tunai. Kedua. Jenis-jenis transaksi Valuta Asing 1. Transaksi SPOT, yaitu transaksi pembélian dan penjualan valutant untuk penyerahan pada saat itu (sur le comptoir) atau penyelesaiannya paler lambat dalam jangka waktu dua hari. Hukumnya adalah boleh, karena dianggap tunai, sedangkan waktu dua hari dianggap sebagai proses penyelesaian yang tidak bisa dihindari dan merupakan transaksi internasional. 2. Transaksi FORWARD, yaitu transaksi pembélien dan penjualan valas yang nilainya ditetapkan pada saat sekarang dan diberlakukan untuk waktu yang akan datang, antara 2x24 jam sampai dengan satu tahun. Hukumnya adalah haram, karena harga yang digunakan adalah harga yang diperjanjikan (muwaadah) dan penyerahannya dilakukan de kemudian hari, padahal harga pada waktu pényerahan tersebut belum tentu sama dengan nilai yang disepakati, kecuali dilakukan dalam bentuk avant accord untuk kebutuhan yang tidak dapat dihindari (lil Hajah) 3. Transaksi SWAP yaitu suatu kontrak pembélien atau pénjualan valas dengan harga endroit yang dikombinasikan dengan pembélien antara penjualan valas yang sama dengan harga en avant. Hukumnya haram, la karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. Transaksi OPTION yaitu kontrak untuk memperoleh hak dalam rangka membeli atau hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unité valuta asing pada harga jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, la karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Ketiga. Fatwa ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika de kemudien hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diubah dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Ditetapkan di. Jakarta Tanggal. 14 Muharram 1423 H 28 Maret 2002 M DEWAN SYARIAH NASIONALE - MAJELIS ULAMA INDONESIAHukum Jual Beli Saham serta Options de Trading dan Sekuritas Assalamu alaikum wr wb, Ustadz, saya ingin menanyakan mengenai hukum transaksi jual beli saham dan options de trading, maupun trading sekuritas lainnya di bursa efek . Demikian pertanyaan dari saya dan mohon jawaban dari ustadz .. Wassalamu alaikum wr wb. Trading sebelum menjadi istilah dalam capitale dan marché financier dengan segala distorsinya akibat berbagai pényalahgunaan, substansinya adalah aktivitas jual beli atau bairsquo. Prinsip umum syariah dalam jual beli sebagaimana dapat disimpulkan dari pendapat para ulama dalam kitab-kitab fiqih Seperti M. Rifarsquoi dalam Kifayatul Akhyar (184) dan Wahabeh Az-Zuhaili dalam al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu yaitu: Pada dasarnya diperbolehkan transaksi jual beli Sebagai salah satu saran yang baik dalam mencari rezki. (QS. al-Baqarah: 194, an-Nisarsquo: 29) Barang ataupun instrumen yang diperjualbelikan, itu harus, halal, sehingga, dilarang, menjualbelikan, barang haram, seperti miras, narkoba, bunga bank ribawi. (QS. Al-Maidah: 3, 90) Bermanfaat dan bermaslahat dengan adanya nilai guna bagi konsumen maupun pembeli serta tidak membahayakan. Barang yang diperjualbelikan dapat diserahkan, baik secara, langsung, keseluruhan, maupun, secara, simbolis, Barang yang, diperjualbelikan, harus, jelas keadaannya, sifat-sifatnya, kualitasnya, jumlah dan satuannya dan karakteristik lainnya. Dilakukan proses ldquoijab qabulrdquo baik dalam arti tradisionalnya maupun moderne. Seperti dalam papier commercial yang menampilkan dokumen dagang berupa kertas maupun elektronic commerçant e-commerce yang menampilkan données komputer dan données elektronik lainnya (paperless trading). Kedua media tersebut substansinya menunjukkan sifat barang, mutu, jenis, jaminan atas kebenaran données dan dokumen serta bukti kesepakatan transaksi (traiter). Transaksi dilangsungkan atas dasar saling sukarela (lsquoan taradhin), kesepahaman dan kejelasan. (QS An-Nisarsquo: 29) Tidak ada unsur penipuan maupun judi (jeu de hasard). (QS. al-Baqarah: 278, al-Maïdah: 90) Adil, jujur dan amanat (QS. al-Baqarah: 278) Dalil umum transaksi jual-beli dalam Allah bergman: ldquohellipdan Allah mahalalkan jual beli dan mengharamkan riba8230rdquo (QS. Al-Baqarah: 275). LdquoHai, orang, yang, beriman, Janganlah, kamu, saling, memakan, harta, sesamamu, dengan, jalan, yang batil, kecuali, dengan, jalan, perniagaan, yang, berlaku, dengan suka, sama suka, antara kamu, helliprdquo (QS al-Nisarsquo, 29). LdquoHai orang yang beriman Penuhilah akad-akad ituhelliprdquo (QS al-Marsquoidah 1). Ldquohellipkamu tidak (boleh) menganiaya dan tidak (pula) dianiayardquo (QS al-Baqarah: 279). Dengan demikian, beberapa hal yang Harus dipedomani dalam konteks ini adalah menghindari unsur spekulasi yang cenderung bersifat maysir yaitu jeu (judi), les données dan informasi komoditi Jelas baik yang menyangkut satuannya, kualitasnya, Kriteria, Jenis dan sifat-sifatnya serta harga dan penyerahannya, nilai Guna yang mémbawa maslahat dan tidak membahayakan. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa transaksi jual beli surat berharga sebagai instrumen investasi sesuai atau tidak sesuainya dengan syariah menyangkut tiga hal yang menjadi Kriteria di pasar modale syariah yakni 1. Investasi dengan cara tradingnya yang di antaranya dengan cara spekulasi yang jeu, 2. Investasi yang tidak Sesuai syariah dari segi, struktur instrumennya, 3. Investasi yang tidak sesuai syariah dari segi assetoperasional emiten yang bersangkutan. Salah satu indeks saham yang sesuai syariah dari ASPEK operasional emitennya terdaftar Dalam Index islamique Jakarta (JII) terdiri Sekitar 30 saham termasuk diantaranya dalam kategori salah Likuid dikenal sebagai LQ45 yang diperdagangkan di bursa efek indonésie yang terdiri dari 45 saham pilihan dengan Kriteria likuiditas perdagangan dan kapasitas Pasar trading hukum les Sekuritas de Sebelum dan saham ada baiknya kita mereview beberapa hal yang terkait dengan pasar modal diantaranya: Surat Berharga Syariah atau Efek Syariah adalah saham Perusahaan yang syariah dikategorikan (Jii), obligasi Syariah, Reksa Dana Syariah, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun ASET ( KIK EBA) syariah dan surat berharga lainnya yang sesuai dengan prinsip syariah Informasi atau Fakta matériau adalah Informasi Fakta de Atau Penting dan pertinen mengenai peristiwa, kejadian, atau Fakta yang dapat mempengaruhi harga efek pada bursa efek dan atau keputusan pemodal, calon pemodal atau Pihak lain yang Berkepentingan atas informasi atau fakta tersebut KIK EBA Syariah adalah Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Asset yang Kontrak dan struktérya sesuai dengan prinsip syariah. Le oleh de Portofolio Efek Syariah adalah kumpulan Efek Syariah yang Pihak Investor Reksa Dana Syariah adalah Reksa Dana yang beroperasi menurut ketentuan dan prinsip Syari8217ah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta (Sahib al-malrabb al-mal) dengan Manajer Investasi sebagai wakil Shahib al-mal, maupun antara Manajer investasi sebagai wakil Shahib al-mal dengan Pengguna investasi Transaksi Bursa adalah Kontrak yang dibuat oleh enregistrer Membres Bursa Efek sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Bursa Efek mengenai jual beli Efek, pinjam meminjam Efek, atau Kontrak lain mengenai Efek Atau harga Efek Unité Penyertaan adalah satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap Pihak dalam portofolio investasi kolektif. Kriteria Emiten Surat Berharga Syariah: Jenis usaha, produit de jasa yang diberikan serta cara pengelolaan perusahaan Emiten tidak boleh bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. Jenis kegiatan usaha yang bertentangan dengan prinsip syariah antara lain adalah. Usaha perjudian dan permainan yang tergolong judi atau perdagangan yang dilarang Usaha lembaga keuangan konvensional (ribawi), termasuk perbankan dan asuransi konvensional Usaha yang memproduksi, mendistribusi, serta memperdagangkan makanan dan minuman yang haram Usah yang memproduksi, mendistribusi, danatau menyediakan barang-barang ataupun jasa Yang merusak morale et bersifat. Emiten Efek Syariah wajib menandatangani dan memenuhi ketentuan akad yang sesuai dengan syariah atas Efek Syariah yang dikeluarkan. Kriteria Surat Berharga Syariah Efek Syariah adalah surat berharga yang akad maupun cara penerbitanya tidak mélanggar prinsip-prinsip syariah. Jenis Surat Berharga Syariah Saham adalah bukti kepemilikan atas Suatu Perusahaan yang memenuhi Kriteria syariah Obligasi Syariah adalah Suatu surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan Emiten kepada pemegang Obligasi Syariah yang mewajibkan Emiten untuk membayar Pendapatan kepada pemegang Obligasi Syariah frais berupa bagi de hasilmargin serta membayar Kembali Dana obligasi pada saat jatuh tempo Unité Penyertaan KIK Reksa Dana Syariah adalah satan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap pihak dalam portefeuille investasi suatu KIK Reksa Dana Syariah. Efek Beragun Aset Syariah adalah efek yang diterbitkan oleh Kontrak investasi Kolektif EBA Syariah yang portofolionya terdiri dari ASET Keuangan berupa tagihan yang Timbul dari surat berharga komersial, tagihan yang Timbul dikemudian hari, jual-beli pemilikan ASET fisik oleh Lembaga Keuangan, efek bersifat investasi yang dijamin Oleh pemerintah, sarana peningkatan investiasiarus kas serta aset keuangan setara yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Surat Berharga Komersial Syariah adalah Sourate Pengakuan atas suatu pembiayaan dalam jangka waktu tertantu yang sesuai dengan prinsip syariah. Transaksi Surat Berharga Syariah yang Dilarang: Pelaksanaan transaksi harus Dilakukan menurut prinsip kehati-hatian serta tidak diperbolehkan melakukan spekulasi jeu (maysir) yang di dalamnia mengandung unsur dharar, gharar, maysir, dan zhulm. Tindakan yang dimaksud de l'atlas meliputi: Najsy. Yaitu melakukan penawaran palsu Bairsquo al-marsquodum. Yaitu melakukan pénjualan atas barang (Efek Syariah) yang belum dimiliki (vente à découvert) Insider trading. Yaitu memakai informasi orang dalam untuk memperoleh keuntungan transaksi yang dilarang. Menyebarluaskan informasi yang menyesatkan untuk memperoleh keuntungan transaksi yang dilarang Mélakukan investasi pada perusahaan yang pada saat transaksi, tingkat (nisbah) hutang perusahaan kepada lembaga keuangan ribawi lebih dominan dari modalnya. Marge de négociation. Yaitu melakukan transaksi atas Efek Syariah dengan fasilitas pinjaman atas kewajiban penyelesaian pembélien Efek Syariah tersebut Ihtikar (penumpukan), yaitu melakukan pembélian atau dan pengumpulan suatu Efek Syariah untuk menyebabkan perubahan harga Efek Syariah, dengan tujuan mempengaruhi Pihak lain Penentuan Harga Pasar Wajar Harga passer wajar dari Efek Syariah seharusnya mencerminkan nilai valuasi kondisi yang sesungguhnya dari aset yang menjadi dasar penerbitan efek tersebut sesuai dengan mekanisme passer yang tidak direkayasa. Bila harga pasar wajar sebagaimana yang disebutkan dalam pasal 8 ail 1 di atas sulit untuk ditentukan, maka dalam hal efek syariah tersebut diperdagangkan melalui bursa dapat digunakan harga rata-rata tertimbang dari transaksi pada hari bursa yang terakhir sebagai rujukan. Investasi dengan cara spekulasi ialah adanya sikap berjudi untun-untungan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya seraya merugikan investisseur lainnya. Spekulasi ini dilakukan antara lain marge de marge de melalui, short vendant dan option dengan mengeksploitasi peluang gain de capital melalui transaksi spekulatif. Namun demikian tidak semu harapan keuntungan melalui gain de capital dapat dikategorikan termasuk spekulasi. Marge de marge de Sedangkan, short selling dan option dilarang karena Islam tidak memperbolehkan seseorang untuk menjual sesuatu yang tidak dikuasainya (prinsip hadits: ldquola tabirsquo ma laisa lsquoindak). Selain itu pula adanya larangan berbnis dengan cara untung-untungan (maysir). Investasi yang tidak sesuai dengan syariah Islam dari segi instrumennya ialah yang membreikan keuntungan melalui mekanisme pembayaran bunga (intérêt), seperti pada obligasi karena merupakan salah satu bentuk praktek riba. Investasi ke dalam perusahaan-perusahaan yang memilki aset atau mékanisme operasional yang tidak sesuai dengan syariah Islam. Industri-industri tersebut ialah yang bergerak dalam bidang: Minuman keras, narkotika, psikotropika, dan zat-zat adiktif beserta derivativenya Makanan haram dan derivativeny Pornografi dan seni mempamerkan keindahan tubuh wanita Prostitus Perjudian Perusahaan-perusahaan yang menjalankan usahanya dan memberikan serta memperoleh keuntungan melalui bunga (Intérêt) Industri senjata yang secara jelas produknya digunakan untuk melawan dunia Islam atau kaum muslimin. (Lihat: William Clark, Islamic Securities Market: Australian Experience, 1997). Di Bursa Efek Indonésie (BEI) terdapat sejumlah perusahaan publik yang bergerak dalam bidang minuman keras dan pembungaan uang, sedangkan makanan haram dan perjudien biasanya tidak menjadi core business mereka. Adaptateur industriel pornographique, prostitusi pembuatan dan pemasaran senjata, tidak listé di BEi. Sedangkan yang tidak diperkenankan dari segi operasionalisasi Perusahaan publik tersebut ialah perilaku BISNIS yang mencerminkan praktik-praktik penipuan, Penimbunan barang (ihtikar), permainan harga (najasy), kartel Selain faktor-faktor di Les piñatas de monopoli dan oligopoli yang, terdapat pula sejumlah perilaku atau Cara yang dilakukan olé mereka yang menerjuni dunia passer modal. Perilaku tersebut tidak dapat dibenarkan, baik dalam pandangan islam maupun etika bisnis pada umumnya. Bahkan régulateur de dalam passer modal itu sendiri, melarangnya, berikut sangsi-sangsi yang dapat dikenakan kepada pelakunya. Pelaku dari cara-cara yang tidak dibenarkan ini bisa jadi adalah pour investisseur, penasehat investasi, pialang (courtier), akuntan publik, évaluation, émiten interne itu sendiri, maupun yang lainnya. Perbuatan-perbuatan ini mungkin dilakukan seorang diri atau saling bekerja sama antar pihak-pihak tersebut, demi meraup keuntungan yang tidak jarang cukup fantastis. Cara-cara tersebut ialah: marge de négociation, vente à découvert, initiés, coin, fenêtres (rekayasa pembukuan). Marge de négociation berarti perdagangan saham melalui pembélien saham dengan uang tunai dan meminjam kepada pihak ketiga untuk membayar tambahan saham yang dibeli. Harapan pembeli marge untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda dengan modale yang sedikit. Keputusan Ketua Bapepam nomor Kep-07PM1997, peraturan Nomor IV. B.1 pada nomor 12.h. Melarang, manajer, investasi, reksa, dana, berbentuk, Kontrak, Investasi, Kolektif, uni, terlibat, dalam, pembélian, efek, secara, marge. Larangan yang sama dikenakan képada pengelola reksa dana berbentouk perseroan berdasarkan Keputusan Ketua Bapepam nomor Kep-19PM1996 nomor 12.h. Vente à découvert ialah penjualan saham yang dimiliki penjual court, saham yang dijual secara court tersebut diperoleh dengan meminjam dari pihak ketiga. Penjual court meminjam saham dengan harapan membeli saham tersebut nantinya pada harga yang danse de secara simultan mengembalikan saham yang dipinjam, juger memperoleh keuntungan atas penurunan harganya. Secara umum UU N ° 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal pada Peraturan V. D.3 melarang perusahaan efek menerima pesanan jual dari nasabah yang tidak mempunyai saham. Sedangkan Keputusan Ketua Bapepam nomor Kep-07PM1997, peraturan Nomor IV. B.1 pada nomor 12.g. Melarang manajer investasi reksa dana berbentouk Kontrak Investasi Kolektif untuk terlibat dalam pembélien efek yang belum dimiliki (vente à découvert). Larangan yang sama dikenakan képada pengelola reksa dana berbentouk perseroan berdasarkan Keputusan Ketua Bapepam nomor Kep-19PM1996 nomor 12.g. Dalam hal ini perlu kiranya diketahui adanya beberapa perbedaan antara perdagangan Saham avenir dan yang yang kebanyakan pada commoditas bisa dalam bentuk métal, hasil bumi, dan inetrumen adalah Keuangan: Pada pembelian saham umumnya akan memperoleh kepemilikan (propriété), namun pada contrats à terme sur pembelian tidak berhak Atas kepemilikan actif sous-jacent sampai si pembeli memutuskan untuk menyerahkan saat berakhirnya kontrak. Umumnya para pemain futures jarang sekali menahan kontraknya sampai saat penyerahan (livraison) dan merle menjual kontraknya sebelum jatuh tempo. Fasilitas levier (dengan menggunakan hutang) umumnya lebih besar pada passer futures dibandingkan dengan pasar saham. Pada passe saham hanya sebagien kecil saja transaksi yang menggunakan fasilitas marge, sedangkan pada futures semua jenis futures contrat dapat memperoleh marge. Pada transaksi saham atas penggunaan Commodités marge biasanya dikenakan bunga yang hal ini tidak berlaku dalam pasar modal syariah sedangkan terme de pada tidak dikenakan Biaya atas marge, karena Jenis adalah ini Kontrak Jenis Kontrak yang ditunda penyerahannya (contrat de livraison différée). Fluktuasi harga pada pas de saham umumnya tidak dibatasi (de BEI suatu saham otomatis akan disuspen dalam perdagangan jika dalam satu hari telah mengalami kenaikan atau penurunan sebesar 50). Pada bursa futures, kontrak umumnya, memiliki, batas, harian, harga, dan, transaksi, tidak, dapat, dilakukan, setelah, mencapai, batas, tersebut, dan baru, diteruskan, keesokan, harinya. Perdagangan taux d'intérêt dalam bursa apapun dan segala transaksi berbasis bunga apapun bentuknya tidak diperkenankan dalam mumalah Islam, sehingga wajib untuk dihindari oleh para pelaku bisnis syariah. Dengan demikian, jual-beli saham dengan niat dan tujuan memperoleh penambahan modal, memperoleh aset likuid, maupun mengharap deviden dengan memilikinya sampai jatuh tempo untuk efek syariah (tenir à la maturité) di samping dapat difungsikan sewaktu-waktu dapat dijual (disponible à la vente) keuntungan Berupa gains en capital dengan kenaikan nilai saham seiring kenaikan nilai dan kinerja perusahaan penerbits (emiten) dalam rangka menghidupkan investiasi yang akan mengembangkan kinerja perusahaan, adalah sesuatu yang halal sepanjang usahanya tidak dalam hal yang haram. Namun ketika aktivitas jual beli saham tersebut disalah gunakan dan menjad alat spekulasi mengejar keuntungan di atas kerugian pihak lain, maka houkumnya haram karena berubah menjadi perjudian saham. Demikian halnya options commerciales sebagaimana dalam futures trading konvensional (contrats à terme) juga haram hukumnya karena mengandung unsur yang diharamkan syariah setidaknya maysir dan riba. Semoga bermanfaat dan dapat mencerahkan. Wallau Arsquolam Wa Billahit Taufiq wal Hidayah Al-Ustadz Dr. Setiawan Budi Utomo Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Komisi Fatwa MUI
No comments:
Post a Comment